Indonesia Punya Bus Listrik Produksi Lokal


Indonesia Punya Bus Listrik Produksi Lokal

Tekad pemerintah memproduksi kendaraan irit bahan bakar bertenaga listrik terus diwujudkan. Rencananya, hari ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal memperkenankan mobil listrik berbentuk bis.

Dalam keterangan tertulis yang diperolehVIVAnews, disebutkan bus bertenaga listrik tersebut akan membawa rombongan Menteri Riset dan Teknologi dan rombongan wartawan dari Gedung BPPT menuju Monas dan kembali finish di BPPT.

Perkenalan bus listrik produksi LIPI ini merupakan bagian dari peringatan hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang jatuh pada 26 Juni 2011. Pemerintah ingin mengulangi kesuksesan pengembangan teknologi Indonesia yang pernah melaksanakan uji terbang pesawat Gatotkaca N-250 pada Agustus 1995.

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI sebagai tempat produksi bus listrik tersebut mengklaim kendarannya sanggup mengangkut 15 orang penumpang dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Bus listrik ini mampu berjalan sejauh 150 KM dengan sekali pengisian 500 ampere. Bus tersebut menggunakan baterai Lithium (LifeP04) yang diklaim mampu menurunkan biaya operasional lebih dari 50 persen dan menurunkan biaya perawatan hingga 70 persen.

Seperti diketahui, pemerintahtampaknya serius merealisasikan mobil listrik untuk pasar Indonesia.

Sekitar bulan Mei 2012, Presiden bahkan memanggil Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, untuk merencanakan diskusi membahas mobil nasional (mobnas). Dahlan diminta menggelar pertemuan dengan pionir mobil listrik. “Empat Putra Petir” yang dijagokan Dahlan untuk mewujudkan konsep mobil listrik direncanakan bertemu Presiden SBY dan Dahlan di Yogyakarta.

Sumber : Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s