Samsung Merapat ke Linux Foundation


Samsung Merapat ke Linux Foundation

Samsung menjadi perusahaan terbaru yang bergabung dengan Linux Foundation, perkumpulan perusahaan teknologi yang bersama-sama mengembangkan dan mempromosikan standar Linux.
Tak tanggung-tanggung, Samsung langsung ingin menjadi anggota di level platinum, tingkatan para pendukung pengembangan Linux di level tertinggi.

Dengan demikian, pada level ini Samsung bergabung dengan Fujitsu, IBM, Intel, NEC, Oracle dan Qualcomm di Dewan Direktur Linux Foundation. Berdasarkan laporan yang dikutip detikINET dari New York Times, Rabu (6/6/2012), Samsung berkontribusi sekitar USD 500 ribu bagi konsorsium tersebut.

Keanggotaan Samsung di Linux sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat keterlibatan perusahaan asal Korea Selatan dengan Android dan software open source lain berbasis Linux.

Namun langkah ini dinilai sebagian analis mengindikasikan bahwa Samsung sepertinya akan mengambil peran lebih menonjol dalam menentukan masa depan Linux.

Sementara itu, juru bicara Linux Foundation menyatakan bahwa Samsung akan bekerja dengan anggota lainnya meningkatkan keterlibatan dengan komunitas kernel dan mengembangkan praktik open source terbaik.

“Keanggotaan Samsung adalah keputusan bisnis strategis yang akan meningkatkan kesuksesan Samsung dan mempercepat kinerja pengembangan Linux,” kata Executive Director Linux Foundation Jim Zemlin.

Zemlin juga mengatakan keanggotaan Samsung di Linux Foundation bisa membantunya bersaing dengan rival seperti Apple. Menurutnya, Apple adalah perusahaan software yang paling tertutup dan eksklusif di dunia dalam segala hal yang mereka buat.

Sementara Samsung melakukan hal yang sama melalui Linux, berupaya menciptakan software dengan kualitas tak kalah baik namun lebih terjangkau.

Sumber : Detikinet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s