Hari Ini Indonesia-Australia Kerjasama Iptek


Hari Ini Indonesia-Australia Kerjasama Iptek

Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) telah menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai universitas dan lembaga asing. Hari ini, Senin 28 Mei 2012 Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim dengan Wakil Rektor Universitas Queensland (UQ) Australia, Prof. Deborah Terry menandatangani kerjasama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) antara dua pihak.
Kerjasama LIPI dan UQ meliputi proyek penelitian bersama, pengembangan staf, hingga program studi pasca sarjana.

“Ada juga pertukaran ilmuwan, penyelenggaraan kerjasama seminar maupun workshop, dan bentuk kerjasama lain yang disetujui dua belah pihak,” ujar Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim dalam pernyataan tertulisnya.

Lukman mengatakan Nota Kesepahaman berlaku dalam jangka waktu 5 tahun. Kerjasama ini dapat diperpanjang dan diperbarui lagi setelah tinjauan pada akhir periode.

“Maksud kerjasama tersebut untuk mempromosikan kegiatan ilmiah LIPI ataupun UQ melalui penelitian dan berbagai jenis pertukaran lainnya,” imbuhnya.

Proyek kerjasama LIPI-UQ ini meliputi hampir semua bidang keilmuan, termasuk bidang penelitian dasar seperti ilmu alam, ilmu teknik, dan ilmu sosial.

“Kerjasama akan diprioritaskan dalam bidang strategis yang sejalan antara kedua belah pihak,” ujar Lukman.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama BKPI LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas, penjajakan kerjasama dimulai ketika kunjungan UQ berlangsung ke LIPI. Kerjasama teknologi akan dilakukan dengan pengiriman dosen UQ untuk mengajar para ilmuwan LIPI.

Kerjasama dengan UQ akan menitikberatkan pada penelitian untuk temuan baru dan bioteknologi. Pihak UQ juga mengunjungi pusat penelitian bioteknologi LIPI di Cibinong. Kerjasama ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada kemajuan Iptek bagi bangsa Indonesia

Sumber : Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s