NASA Sukses Luncurkan SpaceX


NASA Sukses Luncurkan SpaceX

Sebuah misi ulang-alik tanpa awak milik perusahaan Space Exploration Technologies atau SpaceX diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station, ISS), Selasa, 22 Mei 2012 waktu setempat. Ini merupakan peluncuran komersial pertama yang dilakukan NASA di Cape Canaveral Air Force Station.

Mengutip laman Reuters, roket Falcon 9 setinggi 54 meter itu meluncur sekitar pukul 03.44. Peluncuran dilakukan dari tempat yang baru saja ‘dipensiunkan’ NASA, sejak berhenti meluncurkan pesawat ulang-alik.

Sekitar 10 menit sejak peluncuran, roket itu kemudian melepaskan barang bawaannya, kapsul Dragon, ke ISS. Kapsul Dragon itu berisi sejumlah suplai untuk kru ISS yang masih mengorbit.

“Seperti raksasa yang melepaskan gendongannya,” kata pendiri dan Kepala Eksekutif SpaceX, Elon Musk, dalam akun Twitternya.

Sedangkan kepala penasehat sains Barrack Obama, John Holdren menyambut antusias peluncuran ini.

“Setiap peluncuran ke luar angkasa merupakan momen menakjubkan, tapi yang satu ini sangat istimewa karena mewakili potensi era baru dalam penerbangan luar angkasa AS,” ucapnya.

NASA mengandalkan perusahaan seperti SpaceX untuk mengambil alih peran pengantaran kargo, juga astronot, ke luar angkasa. Saat ini, NASA memang masih mengandalkan Rusia untuk menerbangkan kru ke ISS. Selain SpaceX, Rusia, Eropa dan Jepang juga menerbangkan kargo ke ISS.

Jika uji coba misi peluncuran ini sukses, maka SpaceX akan menjadi perusahaan swasta perdana yang mencapai stasiun luar angkasa.

Sumber : NASA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s