Tiga Pesawat AS Lumpuh Kena Busa


Tiga Pesawat AS Lumpuh Kena Busa

Kecelakaan pesawat tidak hanya terjadi dalam sebuah penerbangan. Insiden kecil dalam sebuah hanggar di Florida, Amerika Serikat juga bisa melumpuhkan pesawat. Gara-garanya, hanggar Eglin Air Force Base Florida dipenuhi dengan busa.
Insiden ini terjadi setelah pencegah sistem kebakaran meledak karena percikan dari aktivitas tukang las secara tidak sengaja. Akibatnya, generator peredam api penghasil busa yang tergantung dari langit-langit hanggar bocor. Pesawat-pesawat yang masih berada dalam hanggar mandi busa.

Berdasarkan laporan Gizmodo.com, busa tersebut hanya perlu waktu dua menit untuk menenggelamkan pesawat dalam hanggar seluas 90.000 kaki persegi dengan tinggi lebih dari tiga kaki.

Saat insiden terjadi, dalam hanggar terdapat pesawat F-15 atau Fighting Falcon ke 85 milik Test and Evaluation Squadron atau skuadron uji dan evaluasi. F-15 merupakan pesawat tempur taktis segala cuaca yang dirancang untuk mempertahankan superioritas udara dalam pertarungan di langit.

Menurut Theaviationist.com, pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini pertama kali terbang pada Juli 1972.

Pesawat kedua yang mandi busa yaitu pesawat F-16 dari FLTS Flight Test Squadron atau Skuadron Uji Terbang. Pesawat ini F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik.

Kecanggihan tampak dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan dan gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi.

Sumber : Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s