Bandung Tuan Rumah Kontes Robot Nasional


Bandung Tuan Rumah Kontes Robot Nasional

Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ini menjadi tuan rumah kontes robot se-Indonesia yang akan digelar pada 25-26 Mei. Kompetisi itu berlangsung di kampus ITB Jatinangor, Sumedang.
ITB yang menjadi tuan rumah wilayah regional 2, akan menggelar lomba Kontes Robot Indonesia 2012 (KRI-2012) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2012. Kontes Robot Indonesia 2012 kali ini bertema “Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan”.

“Sebanyak 67 tim yang berasal dari 29 universitas di Indonesia akan memperlihatkan kecerdasannya dalam kontes robot ini,” ujar Kusprasapta Mutijarsa sebagai Ketua Pelaksana Kontes Robot KRI KRCI tingkat regional Wilayah II 2012 di gedung rektorat ITB, Rabu 16 Mei 2012.

Kusprasapta mengatakan bahwa kontes yang sudah diselenggarakan sejak 1994 ini, akan mempertandingkan empat kategori robot cerdas. Robot pemadam api beroda dan berkaki serta kategori robot soccer berkaki akan meramaikan pentas kontes robot ini.

“Indonesia telah beberapa kali mengadakan Kontes Robot Indonesia,” ungkap Kusprasapta dalam pernyataan tertulis Rabu, 16 Mei 2012.

Kegiatan lomba sendiri akan diselenggarakan secara bertahap dimulai dengan diadakannya kontes Regional di 5 (lima) wilayah yakni  Medan, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar. Lomba ini mengambil lokasi kegiatan di STMIK Potensi Utama Medan, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Institut Teknologi 10 November Surabaya, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

“Nantinya para pemenang dari masing-masing Regional  tersebut akan diikutsertakan dalam Kontes Nasional KRI-2012 yang akan diselenggarakan tanggal 29-30 Juni hingga 1 Juli 2012 mendatang di kota Bandung,” urai Kusprasapta.

Pemenang dalam kontes di Indonesia akan diikutsertakan pada kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon di Hong Kong.

Sumber : Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s