Cloud Computing, Masa Depan Dunia IT Indonesia


Cloud Computing, Masa Depan Dunia IT Indonesia

Teknologi cloud computing atau komputasi awan mulai menjadi tren. Meski masih terdengar asing bagi sebagian kalangan, cloud computing diyakini akan banyak diadopsi dan menjadi masa depan dunia IT Indonesia.
“Cloud computing ini memang sesuatu yang masih baru, namun inilah future IT di Indonesia. Pada saatnya nanti, banyak yang akan memerlukan produk ini,” ucap Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata di Balai Kartini, Kamis (10/5/2012).

Kapan kira-kira layanan cloud computing akan menjadi sesuatu yang umum di Tanah Air? Hasnul memperkirakan hal tersebut akan terjadi pada tahun 2020.

“Sekarang mungkin memang belum terasa, tetapi mungkin di tahun 2020 sudah menjadi hal yang biasa,” sebutnya.

Solusi cloud computing dinilai menawarkan berbagai kemudahan. Misalnya, memungkinkan karyawan bekerja di mana saja karena data disimpan di cloud. Dan pengguna hanya tinggal memakainya alias terima beres dengan membayar biaya langganan.

Pendapat senada disampaikan oleh Sue Bryant, Director Cloud Computing Huawei Technologies. Ia menyatakan teknologi cloud computing merupakan salah satu evolusi besar di dunia IT.

“Dalam bertahun-tahun terakhir, sedikit yang menjadi sebuah evolusi di dunia IT. Cloud computing menjadi salah satu di antaranya,” kata wanita berkacamata itu.

XL Axiata pun telah resmi masuk ke bisnis layanan komputasi awan dengan nama XCloud. Untuk tahap awal, XCloud menyediakan layanan Public Infrastructure as a Services (SaaS) dan Software as a Services (SaaS).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s