Perban Serat Pati dapat Larut Pada Kulit


Perban Serat Pati dapat Larut Pada Kulit

Tenun serat pati yang diolah menjadi perban dapat larut pada kulit dan diserap oleh tubuh. Teknologi ini dapat menghilangkan sengatan dan kesulitan saat melepas perban tersebut. Menurut peneliti dari Penn State, selain untuk perban, serat pati juga dapat digunakan sebagai tissue, serbet, dan produk biodegradable lainnya.

Peneliti melarutkan serat pati menjadi cairan dan kemudian memutarnya menjadi untaian panjang yang dapat ditenun menjadi tikar. Untuk mengubahnya menjadi benang tipis, para peneliti menambahkan pelarut yang dapat memudahkan serat pati itu untuk terpisah.

Pelarut memungkinkan struktur molekul dari serat pati itu terjaga. Lalu perangkat electrospinning digunakan untuk mengubahnya menjadi untaian panjang. Serat kemudian ditenun ke dalam berbagai bahan, mulai dari kertas hingga perban.

Jika digunakan sebagai perban, serat akan berubah menjadi glukosa yang kemudian diserap oleh tubuh manusia. Menurut pemimpin penelitian, Lingyan Kong, tidak ada lagi membuka perban dengan paksa.

Serat ini juga bisa melayani fungsi di mana bahan polimer lain biasanya digunakan. Penelitian yang didukung oleh U.S Department of Agriculture ini tengah dalam proses pengesahan hak paten.
Sumber: popsci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s