Pencurian Riset, Kerugian Tak Ternilai Materi


Pencurian Riset, Kerugian Tak Ternilai Materi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merasa dirugikan akibat salah satu penelitian yang dilakukan bersama peneliti asing tidak mencantumkan nama peneliti LIPI. Publikasi hasil riset yang dimaksud adalah penemuan spesies sekaligus genus tawon baru, Megalara garuda.

Penemuan ini hasil ekspedisi Mekongga di Sulawesi Tenggara yang melibatkan peneliti LIPI, Rosichon Ubaidillah. Hasil penemuan kemudian dimuat di jurnal “Zookeys”.

Peneliti LIPI mengangap pencurian riset keanekaragaman hayati oleh peneliti asing bukan hanya soal kerugian materi. Namun, pencurian merupakan bukti tidak adanya penghargaan terhadap karya anak bangsa.

“Nilai kerugian intangible, tidak dapat dimaterikan. Sulit sekali, ini soal penghargaan bangsa lain, kami sudah tidak dianggap,” kata Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Rosichon Ubaidillah di Gedung Zoologi Cibinonhg, Bogor, Kamis 3 Mei 2012.

Ia menambahkan bahwa kasus pencurian ini juga sudah termasuk penghinaan. “Ini penghinaan kedaulatan sains, padahal saya murni untuk kepentingan sains,” ujarnya dengan keras.

Karena merasa tak dianggap, Rosichon sudah menyampaikan protes kepada Lynn S. Kimsey dari University of California, Davis, Amerika Serikat, rekan riset hayati di Sulawesi Tenggara.

Akhir April lalu, ia menerima surat dari Lynn. “Dalam suratnya, Lynn berjanji akan kembalikan specimen ke LIPI, ia juga sampaikan permohonan maaf, dan mau mundur dari riset ini,” ujarnya.

Mengingat terlanjur kecewa, Rosichon meminta Lynn mengakhiri kerja sama 8 riset yang masih belum dipublikasikan. “Lebih baik nama saya dan spesimen dari Indonesia dikeluarkan dari paper, baru silakan Lynn publikasikan. Lupakan kerjasama,” ujarnya.

Sebelumnya, hasil riset itu terlihat hanya mencantumkan dua nama peneliti asing. Mereka adalah Lynn S. Kimsey dari University of California, Davis, Amerika Serikat dan Michael Ohl dari Museum fur Naturkunde, Jerman.

Sumber : Vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s